Pages

Tuesday 5 July 2016

Serunya Membuat Puding Mozaik Bersama Anak, Sambil Menunggu Waktu Berbuka Puasa

Menjelang Hari Raya Idul Fitri, tidak lengkap rasanya tidak menghidangkan puding sebagai camilan. Apalagi saya lebih suka membuat puding sendiri, agar dapat menyesuaikan rasa. Saya biasanya meminimalisir penggunaan gula atau pemanis lain, demi menjaga kesehatan keluarga. Akhirnya keluarga kami pun memilih membuat puding mozaik yang cantik untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga.

Membuat puding tambah seru dengan Oatbits Raisin favorit keluarga (dok.pribadi)




Beberapa waktu lalu saya melihat teman saya ada yang membagikan resep puding mozaik. Tampilan cantik, mudah membuatnya dan rasa yang dapat disesuaikan. Sepertinya resep puding ini juga tepat untuk mengajak anak-anak. Let's go!

Untuk kelancaran proses membuat puding mozaik sore ini bersama anak-anak, saya sudah menyiapkan bahan-bahannya sejak tadi malam. Tidak perlu repot kok, saya hanya perlu membeli bahan ke warung dekat rumah.

Bahan-bahan Puding Mozaik :

1 bungkus agar-agar putih
1 bungkus agar-agar merah
1 bungkus agar-agar hijau
300 gram gula putih
2x 750 ml air
1 kaleng susu kental manis, campur air hingga 750 ml. Jika tidak ingin terlalu manis, kurangi jumlah susu.

Cara Membuat :
  • Masak agar-agar berwarna merah dan hijau, masing-masing dalam wadah yang berbeda. Masing-masing tambahkan sekitar 100 gram gula putih dan 750 ml air. Tunggu sampai mendidih. Angkat dan taruh dalam wadah. Biarkan hingga mengeras. 
Agar warna hijau, merah dan kombinasi (dok.pribadi)
  • Sebagai alternatif, bisa menggunakan agar-agar putih yang diberikan pewarna makanan agar lebih praktis. Cara membuatnya sama, hanya saja setelah taruh dalam wadah terpisah kemudian diberikan pewarna yang diinginkan.
  • Keluarkan agar-agar warna-warni dari wadah, kemudian potong berupa dadu kecil. Sisihkan.

Susu kental manis dan air (dok.pribadi)
  • Masak agar-agar berwarna putih. Tambahkan 100 gram gula putih dan 750 ml campuran air dan susu kental manis. Sesuaikan rasa manis dengan selera. Sesekali diaduk agar susu merata. Biarkan sampai mendidih, kemudian angkat. Tunggu hingga uap panasnya habis.

Pasukan potong-potong agar siap bantu Ibu (dok.pribadi)
  • Tempatkan potongan agar-agar warna warni bentuk dadu di wadah agar yang besar, kemudian siram dengan agar-agar putih campur susu. Masukkan ke dalam kulkas hingga benar-benar mengeras.
  • Potong-potong sesuai selera. Siap dihidangkan.

Menunggu puding jadi, Sandya makan Oatbits Raisin dulu donk (dok.pribadi)
Waaah senangnya bisa membuat puding mozaik ini dengan anak-anak. Seru meskipun pastinya anak-anak masih banyak mainnya. Untuk saya ini sih saya anggap sebagai pembelajaran sekaligus cara memanfaatkan waktu bersama keluarga yang menyenangkan.

Tapiii, namanya anak-anak, pastinya mereka sudah tidak sabar ingin cepat-cepat makan pudingnya. Memang sih kakak sudah puasa, tapi si adik yang puasanya masih setengah hari, jadi kelaparan. Ah saya tidak panik kok. Sebagai #OatbitsFamily saya sudah menyiapkan camilan lain yang tidak kalah menyehatkan yaitu Oatbits dengan varian favorit Oatbits Raisin. 

Terbuat dari gandum, tentunya Oatbits ini mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk anak-anak dan kami sekeluarga. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh antara lain menambah energi, menjaga kesehatan tulang, baik untuk pencernaan dan kaya akan antioksidan. Wah Oatbits Raisin ini memang sesuai banget dengan tagline #EverydayIsHealthy yang juga menjadi prinsip saya dalam menghidangkan makanan untuk keluarga.

Biskuit favorit saya dan anak-anak (dok.pribadi)
Saya pribadi sering menyediakan Oatbits Raisin atau Oat8 Rasa Almond di tas, untuk berjaga-jaga kemungkinan berbuka puasa di jalan atau kapanpun saya merasa perlu ngemil. Oh ya, ada tuh resep dari Fanpage Everyday Is Healthy yang ingin segera saya coba yaitu Overnight Biscuit Oatbits. Yaitu campuran Biscuit Oatbits dengan madu, susu, selai kacang dan strawberi. Wah pasti rasanya enak, sekaligus tetap sehat donk.

Kini izinkan kami sekeluarga mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadan dan merayakan Idul Fitri bagi teman-teman semua. Ingat tetap jaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan yang sehat selama Lebaran yaa :)

2 comments:

  1. resep agar2nya mau aku coba ah ^o^... sekeluarga kita jg penggemar agar dan puding mbak :)..

    oatbits ini aku prnh coba, memang enak.. dan ngenyangin itu yg bikin aku suka..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan dicoba, bisa bgt disesuaikan dgn selera keluarga. Iya bener, ngemil oatbits itu ngenyangin karena kandungan gandum sepertinya. Makasih udah mampir ya :)

      Delete

Terimakasih yaa ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...