Pages

Saturday 2 July 2016

5 Keuntungan Ikut Lomba Blog

Saat ini banyak banget deh lomba yang diadakan brand untuk para blogger. Bahkan, kini ada tren brand menggandeng blogger untuk mengadakan giveaway (GA) ataupun memang ada blogger yang murni membuat GA tanpa sponsor. Saya termasuk blogger yang seneng ikutan lomba blog. Beberapa kali berhasil menang, seringnya kalah hahaha :) Tapi, jatuh bangun ikut lomba membuat saya sadar ternyata banyak kok keuntungannya. Minimal ada 5 keuntungan ikut lomba blog versi saya.

Ayoo semangat ngeblog!!! (dok.pribadi)




"Ngapain sih capek-capek ikut lomba, kan belum tentu menang!" atau "Udah begadang, bikin ini itu, eeeh gak dapet apa-apa. Rugi deh ikut lomba blog". Waaah jangan ngomong gitu donk. Dari pengalaman saya yang jarang-jarang menang, saya merasakan keuntungan ikut lomba blog.

  • Mengasah kemampuan menulis
"Ah mbak kan sudah banyak pengalaman nulis, pasti gampang lah". Hehe pengalaman nulis saya yang tahunan itu sbg jurnalis. Nah usia saya sbg blogger juga masih balita. Kalo anak-anak sih, jalannya aja masih egal-egol. Jadi buat saya ikut lomba blog itu bisa banget mengasah kemampuan nulis di blog yang disesuaikan dengan keinginan juri atau brand. Daaaaan..itu beneran gak mudah! Setuju kaaan? Beberapa blogger yang saya kenal memang ada yang langganan menang. Itu berarti mereka sudah bisa menebak dan membuat tulisan dengan tema yang paling disukai juri dan brand.

  • Menambah pembaca blog
Sebagai blog yang followernya masih dalam hitungan jari dan bagaikan pasar malam yang ramainya hanya beberapa kali dalam satu purnama, maka menambah pembaca blog itu penting banget :D Ikut lomba blog itu bisa banget nambah pembaca. Mau tahu dari mana? Pertama, pembaca dari sesama peserta lomba blog. Sering kan tuh, postingan lomba blog dishare di media sosial. Biasanya sih saat saya mengikuti lomba yang sama dengan postingan, ya saya baca. Biar tahu lah perbedaan angle yang dibuat sama rekan blogger. Kedua, pembaca blog dari juri dan brand. Ini penting pake banget. Kan untuk nilai, mereka pasti baca postingan kita. Kadang malah bacanya gak sekedar 1 postingan lomba itu. Kan lumayan buat traffic hihihi :)

Salah satu postingan saya yang banyak berasal dari Google 

  • Berbagi pengalaman atau wawasan
Haha gaya banget sih, rin. Macem banyak banget pengalaman atau luas banget wawasannya. Tapiii beneran kok. Gini nih ya, saya contohin postingan blog lomba saya tentang salah satu suplemen alias vitamin. Saya ikut lomba blog itu setahun lalu, kemudian entah siapa yang menang, tapiiii postingannya banyak banget yang baca. Bahkan saat saya googling tentang manfaat, khasiat atau infomasi suplemen itu, postingan saya bertengger di peringkat pertama halaman 1 google hehehe. Sebagai seseorang yang masih gagap untuk SEO di blog, ini setara dengan pemberian piala dari Kepala Sekolah saat juara kelas. Meski saya juga jarang juara kelas siih :D Begitu juga ikut lomba blog setelah kita dari acara. Untuk saya, bisa untuk mendokumentasikan apa yang sudah didengar sekaligus berbagi dengan pembaca. Intinya, meski gak menang, bukan berarti postingan kita gak dibaca ataupun gak bermanfaat.

  • Update blog
Gini deh, kadang ya kalo kita gak kena deadline alias DL, keinginan untuk membuat postingan baru itu bagaikan harus ke kantor saat hujan badai hehe. Bawaannya mager alias males gerak. Jangankan lihat laptop dan bayangin nulis padahal harus nyari2 ide yang jago ngumpet, mending juga bobo2 cantik atau main sama kucing tetangga :D Naah untuk saya, keuntungan ikut lomba blog itu ya membuat kita rajin update blog. Apalagi lomba blog dengan DL semena-mena, alias gak pake lama. Kalo temanya pas, saya bisa bela2in tuh, bikin posting sambil motret dengan gaya fotografer ala2, untuk nilai tambah.

  • Menjalin silaturahmi (untuk GA blogger)
Sebelum Ramadan kemarin saya mendapat undangan peluncuran buku dari rekan blogger, yang diikuti dengan lomba blog. Waktu yang diberikan untuk lomba pun lamaaaaa, dari sebelum Ramadan sampai dengan 10 hari sebelum selesai Ramadan. Tapiiii, si saya yang sering sok sibuk ini, kok ya mengalami selip ingatan untuk lomba ini. Sampai akhirnya diingatkan lagi, kok ya mentok di draft. Alhamdulillah 20 menit sebelum lomba berakhir pada jam 12 malam kurang 1 menit, disertai dengan mata yang diganjel korek api, saya berhasil mengirim postingan lomba. Phiiiiuuuuhhh...legaaaaaa :D Untuk saya yang terbayang adalah muka rekan blogger yang bete kalo saya gak jadi ikutan, sumpah deh bukan hadiahnya. Dari sini saya menyimpulkan, GA blogger itu keuntungan buat kita adalah menjalin silaturahmi. Mungkin saja nanti kita mengadakan GA, maka rekan blogger kita akan bersemangat mengikutinya, iya kan.

Jadi beneran ikut lomba blog itu, menang memang jadi bonus untuk saya. Proses mengikuti lomba blog itu yang saya terutama nikmati. Bagaimana menurut rekan blogger yang lain? Saya tunggu komentarnya ya ^.^

13 comments:

  1. Setuju sama yang nomer 4. Kalo ngga kena deadline kadang update juga molor.

    ReplyDelete
  2. Aku.. Belum pernah ikutan lomba blog mba.. Update blog rutin saja lebih sering mager. Kecuali habis ada acara dan diminta bikin liputannya ihiks. Piye iki mbak :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe ikut aja mbak Leni, tp pilih tema yg paling pas sama dirimu dan blog. Kalo mager pas update sih ya sama, minimal 1x seminggu lah kalo aku usahain. Oiya, kalo malah jgn bete yaa

      Delete
  3. Saya juga suka ikutan lomba, biar ada postingan di blogku. Utamanya pas lg gk ada ide nulis, biasanya blog kosong huhuhu, untung ada lomba dan GA jdnya ada ide nulis :D

    ReplyDelete
  4. jujurnya aku jarang bgt ikutan lomba blog :D.. kecuali lombanya itu memang berkaitan dgn niche blogku :). Tapi itupun tergantung mood juga mbak :D.. cuma ya, aku paling suka bacain blog temen2 blogger yg ikutan lomba.. soalnya dr situ aku belajar cara penulisannya, cara foto dan videographisnya... jd dpt ilmu juga.. malah kalo tema yg ditulis ttg review produk, kan jd bnyk tau ttg produk itu juga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo dicoba lagi, kan asik bisa bagi2 ilmu sekaligus hadiah kalo menang ;)

      Delete
  5. bener banget mba Ririn, ikutan lomba blog ternyata punya manfaat sampingan ya selain materi kalo menang :)

    ReplyDelete
  6. Setuju banget sih, menang itu bonus, di balik sana ada banyak manfaat yang lima diantaranya udah mbak ulas, good words!

    Salam,
    Syanu.

    ReplyDelete

Terimakasih yaa ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...